Minggu, 27 Februari 2011

Wow....Makan Coklat Lebih Sehat daripada Buah?



Artikel Terkait Apakah Anda sudah makan coklat hari ini? Ahh... pasti Anda terkaget-kaget. Kenapa coklat, kok bukan buah? Bukankah coklat paling ditakuti kaum wanita karena bikin gemuk dan jauh dari sehat? Sebuah penelitian pusat kesehatan dan gizi ternyata berkata lain. Hasilnya mengatakan, mengkonsumsi coklat justru lebih sehat dibanding buah.

Para peneliti di pusat kesehatan dan gizi menyatakan coklat yang layak mendapatkan sebutan sebagai buah super. Dari penelitian di laboratorium, diketahui bahwa coklat memiliki banyak antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang akan melawan sel yang merusak radikal bebas. Ketika tubuh kekurangan antioksidan, gangguan kesehatan terhadap tubuh hanya soal waktu saja.

Tingkat polifenol dan flavonoid dalam satu gram coklat bubuk, lebih banyak daripada yang ada di buah-buahan bahan untuk membuat jus. Para ahli menemukan bahwa biji kakao (asal coklat) memiliki gizi yang luar biasa dengan kandungan makronutrien. Hasil temuan juga menunjukkan bahwa coklat mengandung flavonoid dan polifenol lebih tinggi daripada jus buah.

Namun, penelitian ini dibantah oleh ahli kesehatan lainnya. Mereka menilai sebutan 'buah super' tidaklah benar. Hal itu hanya dibuat oleh pembuat coklat sebagai bagian dari strategi pemasaran. Sebab, tidak ada satu jenis makanan yang mengandung semua nutrisi penting.

Semua pada akhirnya tergantung Anda sendiri. Manakah yang patut Anda percayai, tentunya dengan pertimbangan yang rasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar