Minggu, 27 Februari 2011

Awas, Steroid Merusak Ginjal!


Pil anabolic steroid memang efektif membentuk otot dan meningkatkan stamina, namun belakangan diketahui adanya kelainan yang timbul. Salah satunya adalah merusak ginjal. Temuan ini dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American Society of Nephrology dan Scientific Exposition di San Diego, Amerika Serikat.

Steorid pada umumnya dipakai para atlet profesional. Sejumlah laporan menyebutkan penggunaan obat ini menimbulkan ketergantungan. Para ahli medis juga mengingatkan bahaya dari obat ini, meski sebelumnya tidak diketahui dampaknya pada ginjal.

Dalam penelitian yang dilakukan  Leal Herlitz, MD dari Columbia University Medical Centre, para ahli meneliti 10 kelompok atlet binaragawan yang menggunakan steorid selama bertahun-tahun. Diketahui bahwa para pengguna steorid ini mengalami kebocoran protein di urinnya dan menderita penurunan fungsi ginjal.

Berdasarkan tes ginjal, sembilan dari 10 binaragawan tersebut menderita kondisi yang disebut focal segmental glomerulosclerosis, jenis luka parut di ginjal. Penyakit ini biasanya timbul bila ginjal bekerja terlalu keras. Setelah para binaragawan tersebut menghentikan pemakaian steorid, mulai terlihat adanya perbaikan ginjal.

Menurut para peneliti, pembentukan otot membuat fungsi ginjal sebagai filter meningkat drastis dan menimbulkan kerusakan. Selain itu steorid diketahui memiliki efek toksik bagi ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar