Minggu, 27 Februari 2011

Jangan Anggap Remeh Pria Tua!


Liputan6.com, Jakarta: Jangan pernah anggap remeh pria. Meski ia terlihat tua! Ya, istilah ini mungkin paling cocok menggambarkan permasalahan ini. Meskipun telah berumur, hasrat seksual para pria tidak akan pernah termakan oleh zaman.

Medicmagic mewartakan, Rabu (19/1), dalam sebuah penelitian membuktikan 30 persen pria di atas 75 tahun masih aktif berhubungan intim. Fakta ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh Zoe Hyde, seorang ilmuwan dari University of Western, Australia. Penelitian ini melibatkan sekitar 2.700 responden laki-laki dengan rentang usia antara 75 sampai 95 tahun. "Usia bertambah, aktivitas seksual pria pun mulai menurun. Tapi hal itu tidak berarti mereka kehilangan minat terhadap seks. Sampai usia 95 tahun, beberapa orang masih menganggap seks sebagai suatu kebutuhan penting," ungkap Hyde seperti dikutip dari Reuters.

Selama ini masyarakat berpandangan, bahwa pria yang semakin 'peyot' akan menjadi aseksual atau individu yang tidak butuh seks. Hal itu terbantahkan dengan adanya penelitian ini. Salah satunya adalah terkait dengan aktivitas seksual pada orang dewasa yang lebih tua hingga yang uzur. Mereka berada dalam kisaran usia 85 sampai 95 tahun.

Fakta lain mengungkapkan, 48 persen dari semua responden masih menganggap seks itu penting. Namun, hanya 30 persen dari mereka yang mengungkapkan, masih aktif berhubungan intim dalam setahun terakhir. Di antara responden yang masih aktif, 40 persen mengaku tidak puas dengan aktivitas tempat tidur mereka. Sementara itu, selisih antara 18 persen merupakan rasio responden yang keinginannya tidak terpenuhi karena berbagai faktor. Faktor yang paling dominan adalah masalah kesehatan, seperti diabetes dengan komplikasi disfungsi ereksi dan masalah prostat.

Hormon seks pria testosteron, terus menurun seiring bertambahnya usia laki-laki. Hal itu juga menjadi faktor yang mengurangi aktivitas seksual para manula. Oleh karena itu HRT (hormone replacement therapy) dinilai dapat mengembalikan dorongan seks pada para manula. Jadi, jangan pernah anggap remeh laki-laki tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar